Kanal

Pro-Kontra

Populer

Kirim Tulisan

Beranda Agama
Kategori:

Agama

Fenomena Hijrah Muslim Milenial

Hijrah bukan lagi dimaknai prosesi perubahan perilaku maksiat menuju ibadah, lebih dari itu, hijrah menjadi sebuah entitas untuk menggalang masa yang barangkali bisa menjadi people power menegakan misi kelompoknya. Alih-alih dengan menawarkan keindahan dalam beragama, mereka cenderung aktif mencari bahan untuk menjadi argumen menyalahkan amalan atau ibadah kelompok lain.

Refleksi Milad: Muhammadiyah dan Tradisi Pandawa

Gerakan Muhammadiyah adalah gerakan amar makruf nahi munkar untuk memajukan bangsa Indonesia melalui pendidikan dan gerakan sosial yang memadukan kekuatan akal dan iman. Muhammadiyah berada di sisi kanan, sisi Pandawa, sisi the right side of history yang terus berjuang melawan angkara murka,

Mengenang Sang Nabi

Jika sejarah memberi pelajaran, maka realitas geopolitik saat ini perlu kita cermati untuk memahami makna kelahiran Rosulullah SAW serta apa yang menjadi tugas sejarah bagi muslim Indonesia.

Belajar Persatuan dari Seekor Babi

Nampaknya kita salah menafsirkan kata haram dengan kata benci. Kita selalu mengaitkan kata haram dengan kata benci. Sehingga jika sesuatu itu haram sudah pasti akan dibenci. Karena dibenci maka seluruh orang juga harus membencinya. Kita terjebak pada persepsi kata yang melahirkan gelombang sikap yang tidak seharusnya dimunculkan.

Cadar, Cingkrang dan Kebangkitan Peradaban Islam

Pemimpin, seperti Jokowi, cenderung tanpa pengetahuan yang cukup tentang narasi besar bangsa ini ke depan, merasa gampang memainkan kata-kata yang konsepnya, yang hanya bisa dipahami melalui kajian yang dalam atas konsep dan definisi tersebut

Radikalisme Said Aqiel Siradj

Said Aqiel Siradj, kemarin, sebagai mana diberitakan berbagai media, meminta kita menghormati dan mendoakan Imam Besar Front Pembela Islam Habib Rizieq Sihab (HRS). Ini berita pertama yang melibatkan suara ketua umum NU itu sejak Jokowi melantik menteri agama dari kalangan eks militer

Soempah Pemoeda Tanpa Islam?

Jika akhir-akhir ini banyak narasi yang menyudutkan Islam sebagai anasir perpecahan, dan anti-kebhinnekaan, narasi itu tidak saja ahistoris, keliru tapi juga menyesatkan dan fitnah bagi muslim Indonesia

Khilafah ‘Model For’ dan ‘Model Of’ Nusantara...

Kajian Kalam beberapa saat yang lalu diisi oleh Profesor Dudung Abdurahman. Bahasannya tentang sejarah khilafah di dunia dan Nusantara. Menariknya, muncul statemen klasifikasi yang bisa disimpulkan saat sesi tanya jawab: khilafah 'model for' dan 'model of'.

Kritik Penafsiran Milk al-Yamin ala Muhammad Syahrur

Hemat penulis, konsep Milk al-Yamîn ala Muhammad Syahrur memiliki implikasi yang cukup serius. Ia dapat sebagai pintu masuk untuk menghalalkan ‘seks bebas’, bagi sebagian orang yang salah paham. Ada pembaca buku Syahrur, yang salah paham, lalu menganggap bahwa Syahrur membolehkan hubungan zina “seks bebas” di luar nikah.

Follow Kami

Dapatkan update artikel-artikel terbaru dari para penulis dan berbagai promosi dari kami dengan memfollow akun media sosial kami.

Ingin Jadi Penulis?