Kanal

Pro-Kontra

Populer

Kirim Tulisan

Beranda Pendidikan
Kategori:

Pendidikan

Sejarah dan Masa Depan

Mendikbud Nadiem Makarim bermaksud menjadikan pelajaran sejarah di sekolah sebagai mata pelajaran pilihan. Rencana ini langsung ditolak oleh Majelis Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah. Bagi Mendikbud ini mata pelajaran Sejarah termasuk mata pelajaran yang tidak penting.

Revolusi Pendidikan

Benar yang dikatakan Amartya Sen bahwa pembangunan adalah upaya perluasan kemerdekaan sedangkan kemerdekaan itu sendiri harus disediakan melalui pendidikan yang membangun jiwa merdeka.

Merdeka ?

Dunia pendidikan sudah lama tidak merdeka dan karenanya tidak memerdekakan. Dunia pendidikan sudah lama dimonopoli secara radikal, demikian kata Ivan Illich, oleh persekolahan paksa massal sebagai instrumen teknokratik untuk menyediakan buruh trampil.

Dikelilingi Orang Pintar, Kenapa Risma Malah Buat...

Risma itu katanya dikeliling orang-orang pintar. Kepala-kepala dinasnya rata-rata Doktor (S3). Bahkan penasehatnya katanya orang-orang yang tak kalah pintar. Coba mereka sesekali bicara ke publik berbasis keilmuan, bukan prasangka, kenapa beri masukan ke Risma agar peserta UTBK wajib melakukan Rapid Test.

New Moral Pendidikan

Di tengah frustrasi tersebut, ada sebuah fenomena menarik yang terjadi di tahun 2020 dan pantas diberi label New Normal. Peristiwa tersebut adalah awareness yang meningkat tinggi di kalangan anak-anak muda, terutama pelajar sekolah menengah pertama (SMP) yang akan masuk ke jenjang pendidikan sekolah menengah atas (SMA), khususnya di Jawa Timur untuk melawan praktek kecurangan pendidikan.

Pendidikan Penting, Persekolahan Tidak!!

Pandemi Covid-19 ini membuka fakta bahwa persekolahan tidak memiliki peran penting seperti yang selama ini dikatakan pejabat pemerintah. Pendidikan penting, persekolahan tidak

Pendidikan Yang Sibuk Diurusan “Masuk” dan “Keluar”

Di negara yang maju pendidikannya, orang tua concern saat anak duduk di jenjang pendidikannya. Semua hal, resources, dicurahkan diproses pendidikan ini. Sebaliknya, di negara seperti Indonesia, orang tua justru lebih concern pada saat akhir jenjang pendidikan anaknya, seperti saat UN/UNBK dan PPDB.

Edtech: Berapa Terbuka Cara Berpikir Anda Tentang...

Dalam tiga bulan terakhir, pekerjaan harian guru makin bertambah sulit karena untuk memberikan PJJ yang baik tanpa didukung oleh metode dan aplikasi digital yang tepat tentu guru harus mencoba-coba dan menggunakan sistem yang apa adanya.

Politik Teknologi

Orde Baru lahir pada saat pax Americana muncul sebagai khilafah menggantikan Pax Britanica. Politik ekonomi kita liberal kapitalistik yang berkiblat ke Berkeley. Politik teknologi yang diadopsi sesuai dengan politik ekonominya.

Follow Kami

Dapatkan update artikel-artikel terbaru dari para penulis dan berbagai promosi dari kami dengan memfollow akun media sosial kami.

Ingin Jadi Penulis?