Kanal

Pro-Kontra

Populer

Kirim Tulisan

Beranda Politik
Kategori:

Politik

Democracky Policing: Saat Polisi Lebih Tentara Daripada...

Kepolisian RI telah menjelma sebagai polisi yang lebih militeristik daripada tentara, sementara TNI justru semakin sipil daripada polisi. Spesifikasi senjata dan berbagai kendaraan POLRI justru melebihi spesifikasi senjata dan kendaraan TNI. Artinya, polisi menjadi semakin lebih mematikan daripada tentara.

Politik Dinasti “Win-Win Solution” Ala The First...

Di Indonesia politik dinasti jadi sorotan karena dianggap nepotis dan aji mumpung. Selain anak dan menantu Jokowi, ada putri kandung Wapres Ma'ruf Amin, keponakan Prabowo Subianto, anak kandung Pramono Anung, dan beberapa lainnya.

Politik

"Tahukah kamu apa itu politik ?" Begitu guru madrasah saya bertanya lebih dari 30 tahun yang lalu. "politik itu", katanya lagi, "alif wa makluf, jinak menjinaki. Kalau kamu tidak menjinaki, maka kamu yang akan dijinaki.

DPR: The New Untouchable?

Tantangan seorang anggota DPR dari fraksi PDI-Perjuangan asal Dapil VI Jawa Timur baru-baru ini sungguh mencengangkan saya. Sang anggota dewan ini mengancam akan membongkar borok Komnas HAM jika mulai menyentuh DPR terkait rencana legislasi tertentu.

Faida

Di Jember, Faida, kepala daerah petahana, beberapa waktu yang lalu mengungkapkan praktik jual-beli rekomendasi parpol. Sebagai bupati bertahan, Faida memilih untuk tidak maju melalui jalur partai karena dia tidak mau terlibat dalam politik ojek dengan membayar miliaran rupiah untuk mendapatkan rekom.

Caping

Caping adalah master piece, adikarya Goenawan Mohamad (GM) yang sampai sekarang belum ada banding dan tandingnya. Caping yang lain ada di Malang. Ia Caping yang beda versi dengan Caping GM, tapi yang dilakukan Caping Malang sama dengan Caping GM. #SaveCaping

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Reformasi Berbuah Deformasi

Industri otomotif adalah contoh paling instruktif bagaimana Indonesia dijajah dan hanya dijadikan pasar bagi industri otomotif global, terutama Jepang. Sejak Orde Baru, obsesi pertumbuhan melalui investasi asing justru telah menyebabkan kesenjangan spasial (antar Jawa dan luar jawa) serta ketimpangan pendapatan (Gini Rasio) yang makin buruk.

Dasar Negara RI Sebagai Kesepakatan Langit

Manusia bukanlah satuan biokimia belaka yang rapuh menghadapai virus dan bakteri. Tapi manusia adalah makhluq simbolik yang hidup dalam ide dan gagasan. Kehidupan manusia dalam sebuah masyarakat juga sebuah jalinan janji, terutama janji yang tertulis.

Follow Kami

Dapatkan update artikel-artikel terbaru dari para penulis dan berbagai promosi dari kami dengan memfollow akun media sosial kami.

Ingin Jadi Penulis?