Kanal

Pro-Kontra

Populer

Kirim Tulisan

Beranda Politik
Kategori:

Politik

Menantikan Peran Signifikan BAKN

Bermula pada tahun 2014, BAKN pernah lahir, mati, lalu hidup lagi. Terkini BAKN dihidupkan kembali melalui UU MD3 2018 untuk menjalankan pengawasan pengelolaan keuangan negara.

Kehancuran Demokrasi dan Tantangan Kaum Cendikiawan

Cara kasar rezim Jokowi terhadap aksi mahasiwa ini tentu akan memasukkan tambahan baru bagi kaum cendikiawan barat dalam menilai, sesungguhnya rezim ini bukan lagi pada fase "illiberal democracy" melainkan lebih jauh, hancurnya demokrasi.

Pancasila Sakti?

Penegasan soal versi Pancasila ini penting karena beberapa pihak telah mencoba memelintir sejarah dengan memaksakan Pancasila versi 1/6/1945 dengan susunan yang berbeda.

Pemerintah Alpa Dengan Tragedi Kemanusiaan Di Papua

Duka dan kematian yang menelan korban para pendatang seperti dari suku Minang dan Bugis dan suku-suku lainnya yang hidup di Papua menyayat hati. Negara absen dalam duka itu.

Dewan Terhormat Yang Didukung dan Dipilih, Akhirnya...

Anggota Dewan sekarang banyak dicaci dan dimaki baik secara verbal maupun tulisan dalam media sosial, setelah mereka beberapa waktu didukung dan dipilih dalam perhelatan pesta demokrasi di negeri ini. 

Surabaya Menggugat!

Bagi Yasin, unjuk rasa siang hari ini memang pengalaman yang luar biasa. Sebagai kota yang setiap hari disibukkan dengan urusan perdagangan dan industri, Yasin tidak menyangka apabila mahasiswa-mahasiswa se Surabaya itu masih peduli dengan tetek bengek demokrasi.

People Power, Gerakan Mahasiswa, dan Masa Depan...

The unprecedented dan Youthquake di atas penting untuk dipahami kekuasan dan kaum cendikiawan untuk menilai bahwa tuduhan bahwa gerakan mahasiswa ini ditunggangi atau diarahkan untuk kepentingan tertentu tidak berdasar.

Mahasiswa Sang Revolusioner

Hariman Siregar, legendaris dalam gerakan mahasiswa, menyebutkan bahwa kekuatan mahasiswa adalah "deep feeling" tentang nasib bangsanya. Jika situasi bangsa memburuk maka mereka akan tersadarkan.

Mahasiswa is Back!

Beberapa hari terakhir ini saya dikagetkan oleh kehadiran satu komponen bangsa yang saya kira semula sudah dilumpuhkan oleh persekolahan paksa massal: mahasiswa. Mahasiswa is back! Kehadiran mereka dalam pikiran publik seolah mengakhiri kedunguan panjang bangsa ini.

Follow Kami

Dapatkan update artikel-artikel terbaru dari para penulis dan berbagai promosi dari kami dengan memfollow akun media sosial kami.

Ingin Jadi Penulis?

close