Kanal

Pro-Kontra

Populer

Kirim Tulisan

Beranda Pro-Kontra
Kategori:

Pro-Kontra

Dosen Gila di Depok?

Mengapa AA dapat disebut dosen gila? Dia mungkin gila karena terobsesi pada manusia gila, Joker, yang hanya ada didunia film hiburan, untuk disematkan pada sosok manusia di dunia nyata

Mahasiswa is Back!

Beberapa hari terakhir ini saya dikagetkan oleh kehadiran satu komponen bangsa yang saya kira semula sudah dilumpuhkan oleh persekolahan paksa massal: mahasiswa. Mahasiswa is back! Kehadiran mereka dalam pikiran publik seolah mengakhiri kedunguan panjang bangsa ini.

Mahasiswa dan Masa Depan Bangsa

Gerakan mahasiswa murni --bukan "gerakan mahasiswa nasi bungkus", adalah gerakan mahasiswa yang tampil merespon kekuasaan yang zalim. Kekuasaan zalim itu, memang seringkali tidak mampu dijelaskan mahasiswa secara teoritik, namun mahasiswa dapat merasakan. Sekali lagi merasakan.

Hutan, Hujan, dan Doa

Tokoh-tokoh agama dan pemerintahan lokal mendorong rakyat untuk berdoa dan Sholat meminta hujan. Mungkin inilah kekuatan bangsa kita, bersandar pada Allah, karena sudah lelah bersandar pada negara. Jika Allah memberikan hujan, maka asap-asap akan lenyap. Udara dapat dihirup kembali.

Tiga Catatan Terkait Revisi UU KPK

Hemat saya, usulan revisi ini disebabkan karena KPK dengan platform UU yang sudah ada telah keliru strategi dalam melaksanakan misi utamanya sebagai lembaga adhoc dengan posisi dan kewenangan yang istimewa. Saya punya tiga catatan.

Yang Drama (Menjurus) Lebay, Djarum Foundation Atau...

Sampai di sini, saya jadi mulai bertanya, yang drama menjurus lebay sebenarnya siapa? Djarum Foundation, atau Tere yang demikian bernafsu menghakimi tidak hanya Djarum, tapi juga pihak-pihak yang berbeda sudut pandang.

Kritik Penafsiran Milk al-Yamin ala Muhammad Syahrur

Hemat penulis, konsep Milk al-Yamîn ala Muhammad Syahrur memiliki implikasi yang cukup serius. Ia dapat sebagai pintu masuk untuk menghalalkan ‘seks bebas’, bagi sebagian orang yang salah paham. Ada pembaca buku Syahrur, yang salah paham, lalu menganggap bahwa Syahrur membolehkan hubungan zina “seks bebas” di luar nikah.

Bantahlah Disertasi Sesuai Kaidah Keilmuan, Bukan Suka...

Ingat teori bumi datar, teori bumi sebagai pusat tata surya? yang diyakini bahkan sebagai keimanan, dibantah lewat "disertasi" yang memberikan terobosan baru bahwa "bumi bulat", dan "bukan pusat tata surya".

Omong Kosong Fatar Yani Setelah Dilantik Sebagai...

Hal yang cukup disesalkan adalah adanya pernyataan Deputi Operasi SKKMigas saat itu, Fatar Yani, yang mengatakan bahwa berhentinya operasi Lapangan Kepodang adalah karena force majeur. Hal ini dinilai menyesatkan dan diduga keras keberadaan dia di SKKMigas untuk melindungi kepentingan Petronas.

Follow Kami

Dapatkan update artikel-artikel terbaru dari para penulis dan berbagai promosi dari kami dengan memfollow akun media sosial kami.

Ingin Jadi Penulis?

close