Kanal

Pro-Kontra

Populer

Kirim Tulisan

Beranda Topik Covid-19
Topik:

Covid-19

Bila Bantuan Dihentikan

Hidup kita sedikit berbeda dikala pandemi yang bernama corona melanda Indonesia. Tubuh kita harus diasingkan dalam sepetak bangunan yang dinamakan tempat tinggal. Bekerja di rumah, itulah yang menjadi agenda saat pandemi melanda. Namun kebutuhan yang terus bertambah, membuat kita harus menunggu bantuan yang didatangkan dari segala arah.

Merdeka ?

Dunia pendidikan sudah lama tidak merdeka dan karenanya tidak memerdekakan. Dunia pendidikan sudah lama dimonopoli secara radikal, demikian kata Ivan Illich, oleh persekolahan paksa massal sebagai instrumen teknokratik untuk menyediakan buruh trampil.

Pandemi Jual Beli

Kepastian lapangan kerja yang tidak menentu, membuat rakyat berpikir konservatif. Mereka mengambil peluang sekecil apapun untuk dijadikan bahan menambah kebutuhan.

Dikelilingi Orang Pintar, Kenapa Risma Malah Buat...

Risma itu katanya dikeliling orang-orang pintar. Kepala-kepala dinasnya rata-rata Doktor (S3). Bahkan penasehatnya katanya orang-orang yang tak kalah pintar. Coba mereka sesekali bicara ke publik berbasis keilmuan, bukan prasangka, kenapa beri masukan ke Risma agar peserta UTBK wajib melakukan Rapid Test.

New Moral Pendidikan

Di tengah frustrasi tersebut, ada sebuah fenomena menarik yang terjadi di tahun 2020 dan pantas diberi label New Normal. Peristiwa tersebut adalah awareness yang meningkat tinggi di kalangan anak-anak muda, terutama pelajar sekolah menengah pertama (SMP) yang akan masuk ke jenjang pendidikan sekolah menengah atas (SMA), khususnya di Jawa Timur untuk melawan praktek kecurangan pendidikan.

Paket Regulasi Ekonomi Era Pandemi: Menunda Ajal...

Rangkaian UU yang lahir selama masa pandemi ini yaitu UU Minerba, RUU Omnibus Law Cipta Kerja dan UU 2/2020 adalah instrumen untuk melanggengkan kapitalisme liberal di negara yang konon dikawal oleh rezim yang paling Pancasilais ini.

Follow Kami

Dapatkan update artikel-artikel terbaru dari para penulis dan berbagai promosi dari kami dengan memfollow akun media sosial kami.

Ingin Jadi Penulis?