Kanal

Pro-Kontra

Populer

Kirim Tulisan

Beranda Topik Revisi UU KPK
Topik:

Revisi UU KPK

Mahasiswa Sang Revolusioner

Hariman Siregar, legendaris dalam gerakan mahasiswa, menyebutkan bahwa kekuatan mahasiswa adalah "deep feeling" tentang nasib bangsanya. Jika situasi bangsa memburuk maka mereka akan tersadarkan.

Mahasiswa is Back!

Beberapa hari terakhir ini saya dikagetkan oleh kehadiran satu komponen bangsa yang saya kira semula sudah dilumpuhkan oleh persekolahan paksa massal: mahasiswa. Mahasiswa is back! Kehadiran mereka dalam pikiran publik seolah mengakhiri kedunguan panjang bangsa ini.

Mahasiswa dan Masa Depan Bangsa

Gerakan mahasiswa murni --bukan "gerakan mahasiswa nasi bungkus", adalah gerakan mahasiswa yang tampil merespon kekuasaan yang zalim. Kekuasaan zalim itu, memang seringkali tidak mampu dijelaskan mahasiswa secara teoritik, namun mahasiswa dapat merasakan. Sekali lagi merasakan.

Masa Depan Republik di Ujung Tanduk, Pasca...

Pada saat oposisi di parlemen tidak efektif, anggotanya tidak aspiratif, dan tersandera banyak kasus, elit polisi dan tentara terbeli, kebebasan berekspresi diberangus, dan kampus ter-scopus, maka Republik ini lambat tapi pasti meluncur jatuh menjadi police state di mana berlaku rule by law, bukan rule of law.

Tiga Catatan Terkait Revisi UU KPK

Hemat saya, usulan revisi ini disebabkan karena KPK dengan platform UU yang sudah ada telah keliru strategi dalam melaksanakan misi utamanya sebagai lembaga adhoc dengan posisi dan kewenangan yang istimewa. Saya punya tiga catatan.

Korupsi, Budaya Korupsi dan Nasib KPK

Fahri Hamzah telah lama melakukan deligitimasi terhadap KPK. Fahri menyudutkan KPK sebagai institusi penuh pengkhianat. Pidato Fahri yang beredar belakangan ini membongkar praktek-praktek KPK yang pilih kasih dalam mengungkap kasus. Dan juga KPK melakukan politisasi dan mencari kesempatan politik atas setiap kasus yang ada.

Follow Kami

Dapatkan update artikel-artikel terbaru dari para penulis dan berbagai promosi dari kami dengan memfollow akun media sosial kami.

Ingin Jadi Penulis?