Kanal

Pro-Kontra

Populer

Kirim Tulisan

Aturan Penggunaan Katarsis.id

Katarsis.id adalah portal berbasis web untuk berbagi gagasan, pandangan, berita serta pengalaman dari penulis yang disiarkan secara publik lewat internet di berbagai platform tanpa pembatasan, untuk dibaca khalayak pembaca.

Setiap orang dapat menjadi penulis di portal ini dengan terlebih dahulu menjadi anggota dengan melengkapi persyaratan yang ditentukan.

Visi Katarsis.id menjadi portal terdepan sebagai sarana warga masyarakat menuangkan gagasannya, mengabarkan berita (citizen jurnalism) dan berbagi pengalaman.

Misi Katarsis.id turut serta meningkatkan literasi masyarakat Indonesia dengan cara mendorong masyarakat menulis.

Syarat Jadi Penulis

  1. Mendaftar di link yang disediakan secara online, menggunakan alamat email yang sah, dibuktikan dengan melakukan verifikasi saat mendaftar.
  2. Mengisi data diri dengan lengkap dan benar sesuai form yang disediakan.
  3. Mengupload foto diri. Dilarang menggunakan foto pihak lain atau gambar selain foto diri. Anggota akan dibatalkan akunnya bila mengupload bukan foto diri sendiri atau gambar yang tak pantas.
  4. Penulis yang telah terdaftar dapat mengubah profile dirinya sesuai kebutuhan.
  5. Sangat disarankan mengisi akun media sosial di profile.
  6. Ke depan, penulis akan dikelompokkan dalam 2 keanggotaan, yakni yang terverifikasi dan yang belum terverifikas. Akan ada fasilitas khusus bagi penulis yang telah terverifikasi diantaranya mendapatkan honorium yang ketentuannya akan ditetapkan kemudian.
  7. Keanggotaan sebagai penulis dapat dicabut sewaktu-waktu bila melanggar ketentuan yang ada, dan atau tidak aktif dalam waktu 3 bulan atau lebih.

Syarat Artikel Yang Dimuat

  1. Artikel haruslan karya sendiri, tidak dibenarkan meng-copy paste karya pihak lain. Bila artikel yang telah diterbitkan kami ketahui adalah karya pihak lain, maka akan diturunkan, dan penulis akan mendapatkan peringatan.
  2. Isi artikel tidak boleh mengandung unsur kebencian dan hasutan SARA, diskriminasi, serta berisi hal-hal yang melanggar hukum dan adab kepantasan yang berlaku di masyarakat Indonesia.
  3. Redaksi berhak melakukan penyuntingan sebelum menerbitkan artikel yang dikirimkan penulis, baik judul maupun isi artikel tanpa perlu meminta izin penulis, dengan tetap memperhatikan kesesuaian dengan isi.
  4. Seluruh isi artikel dan dampaknya setelah terbit menjadi tanggungjawab sepenuhnya penulis, termasuk soal hak cipta pihak lain.
  5. Artikel terlarang mengandung unsur iklan atau advertorial, baik mempromosikan produk/jasa sendiri ataupun pihak lain. Termasuk larangan menggunakan backlink di dalam artikel. Jika ingin mengiklankan produk dapat hubungi redaksi@katarsis.id.

Penolakan dan Pembatalan Terbit Artikel

  1. Redaksi memiliki kewenangan penuh, tanpa bisa diintervensi oleh penulis dan siapapun untuk menerbitkan atau tidak menerbitkan suatu artikel yang dikirimkan.
  2. Redaksi berhak menolak menerbitkan artikel yang tidak memenuhi syarat dan standar penulisan yang telah ditetapkan.
  3. Artikel yang ditolak terbit, dapat diperbaiki dan dikirimkan kembali setelah memenuhi ketentuan untuk dapat diterbitkan oleh Redaksi.
  4. Tulisan yang menimbulkan kecaman dari masyarakat, dan atau dinilai sekelompok masyarakat merupakan provokasi atau adu domba sehingga diadukan ke Redaksi akan ditangguhkan. Dan penulis akan diberikan waktu untuk klarifikasi sebelum tulisannya diterbitkan kembali.
  5. Akibat pelanggaran isi artikel, seperti pelanggaran hak cipta, ataupun menimbulkan keresahan masyarakat, keanggotaan Penulis dapat ditangguhkan bahkan dihapus dari portal.

Penghapusan Artikel

  1. Artikel yang kemudian terbukti melanggar ketentuan akan dihapus Redaksi.
  2. Artikel yang menimbulkan kegaduhan karena berisi kontens adu domba, fitnah dan sejenis akan dihapus.
  3. Artikel yang diadukan pihak lain, dan aduan tersebut bisa diterima Redaksi, akan ditangguhkan, dan kepada penulis akan diberikan hak jawab. Jika Penulis tak dapat menjelaskan keberatan pembaca, maka artikel akan dihapus. Sebaliknya, jika penjelasannya dapat diterima, artikel akan ditayangkan kembali.
  4. Draft artikel yang berkali-kali dikirimkan, yang isinya sama, akan dihapus Redaksi. Termasuk draft yang sudah pernah ditolak tapi tidak dilakukan perbaikan.
  5. Redaksi akan menghapus artikel-artikel yang bermuatan iklan suatu produk atau layanan. Untuk menerbitkan iklan, silahkan hubungi bagian pemasaran.

Honorarium Bagi Penulis Terverifikasi Warga SERUJI;

  1. Kami sedang menyiapkan sistem honorarium bagi penulis. Updatenya akan diumumkan lebih lanjut.
  2. Honorarium hanya berlaku untuk penulis yang telah terverifikasi
close