Kanal

Pro-Kontra

Populer

Kirim Tulisan

Nadiem, Ojol, dan Perlindungan Sosial

Pemiliknya menjadi Menteri

Bagaikan republik mimpi, pemilik Go-Jek dengan pola mengelola perusahaan yang tidak care dengan Perlindungan Sosial bagi pekerjanya, dan merupakan ladang uang perusahaan, tidak mau mengeluarkan dana untuk iuran JKK dan JKm hanya sebesar Rp16.800/bulan, dengan manfaat perlindungan sosial yang telah diutarakan diatas.

Nadiem Makarim, pengusaha startup, milenial, punya perusahaan Go-Jek, diangkat oleh Presiden Jokowi, tidak kepalang tanggung jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Mau model pendidikan apa yang hendak dikerjakan Nadiem dan kebudayaan apa yang dikembangkan dan dilestarikan?

Apalagi sebagaian besar hidupnya terpapar dengan pendidikan luar negeri, dan budaya luar negeri.

Bagaimana Nadiem dapat membangun dunia pendidikan dengan karakter standar moral anak didik, yang mengedepankan nilai-nilai agama, budaya dan karakter bangsa dengan semangat gotong royong.


Tidak mudah dan terasa tidak mungkin, sebab karakter Nadiem sendiri sebenarnya adalah seorang kapitalis, yang mengambil keuntungan sebesar-besarnya dari bisnis keringat driver Ojol.

Kalaupun kita melihat dalam penampilan Nadiem menunjukkan kepedulian pada guru, dan anak didik, tetapi itu semua masih bersifat dipermukaan. Apa agenda di balik kepala Nadiem tidak ada yang mengetahui, apakah Presiden Jokowi mengetahui? tak jelas.

Banyak yang berpendapat, berilah kesempatan pada Nadiem seorang milenial, yang cerdas dalam melihat masa depan, seperti yang disampaikan saat penetapannya sebagai Mendikbud.

Persoalannya apakah masa depan yang dilihatnya sama dengan penglihatan kita. Apakah Nadiem melihatnya dengan hati, Iman, dan akal sehat. Atau Nadiem melihatnya kedepan, akan berseliweran robot-robot pengganti fungsi manusia, dan 260 iuta rakyat mau dikemanakan?.

Apakah kita ingin menitipkan anak, cucu kita pada Sistem Pendidikan yang di nakhodai Nadiem Makarim dengan pandangan masa depannya itu. Silahkan memikirkannya.

Cibubur, 10 Nopember 2019
Silahkan share jika bermanfaat

Tulisan ini sepenuhnya tanggung jawab penulisnya. Tak sependapat dengan tulisan ini? Silahkan tulis pendapat kamu di sini

Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya. Redaksi Katarsis.id tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan tersebut, namun setiap orang bisa membuat aduan ke redaksi@katarsis.id yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.

Ingin Jadi Penulis, silahkan bergabung di sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Dr. Chazali H. Situmorang
Dr. Chazali H. Situmorang
Pemerhati kebijakan Publik, Dosen FISIP UNAS

Artikel Terkait

close