Kanal

Pro-Kontra

Populer

Kirim Tulisan

Politik Dinasti “Win-Win Solution” Ala The First Family Indonesia

KATARSIS.ID –┬áDalam budaya politik Amerika Serikat, presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan disebut sebagai “Orang Pertama” atau The First Gentleman. Sebutan ini kurang akrab karena jarang dipakai.

Yang lebih banyak dikenal adalah sebutan “The First Lady” untuk menyebut istri presiden. Sebutan ini tidak pernah diterjemahkan harfiah ke dalam Bahasa Indonesia sebagai “Istri Utama” apalagi “Istri Pertama”. Kita lebih sering menyebutnya sebagai “Ibu Negara”.

Keluarga presiden juga disebut sebagai The First Family, dan pesawat kepresidenan disebut sebagai Air Force One.

Melania Trump, istri Donald, adalah The First Lady, dan putri pertama Trump, Ivanka Trump bersama suaminya Jared Kushner adalah anggota The First Family.


Kushner, sang menantu, kebetulan juga menjadi orang kepercayaan sang mertua, dan diangkat menjadi penasihat senior presiden meskipun usianya baru 39 tahun.

Kushner menjadi ujung tombak kepercayaan mertuanya dalam berbagai urusan mulai dari kebijakan luar negeri, perdagangan, sampai ke berbagai urusan dalam negeri.

Menghadapi pemilu presiden 3 November mendatang Kushner menjadi penasihat sekaligus ahli strategi utama Trump meskipun tidak memegang posisi formal.

Sama dengan di Amerika, di Indonesia The First Family juga tengah menjadi sorotan, terutama karena anak dan menantu Presiden Jokowi yang maju sebagai calon walikota di Solo dan Medan.

Tulisan ini sepenuhnya tanggung jawab penulisnya. Tak sependapat dengan tulisan ini? Silahkan tulis pendapat kamu di sini

Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya. Redaksi Katarsis.id tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan tersebut, namun setiap orang bisa membuat aduan ke redaksi@katarsis.id yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.

Ingin Jadi Penulis, silahkan bergabung di sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Dhimam Abror
Dhimam Abror
Jurnalis

Artikel Terkait