Kanal

Pro-Kontra

Populer

Kirim Tulisan

Terpopuler Minggu Ini

Kamis, 14 November 2019

Rangkasbitung, Kota Sejarah dan Wisata

Kota Rangkasbitung, sebuah kota kecil yang cukup familiar bagi para peneliti sejarah. Identik dengan tokoh Belanda yang sangat peduli dengan kondisi bangsa ini yaitu...

Kisah Nyata: Kaki Sendiri Diseterika

Tampak koreng berukuran kurang lebih 3x7 cm di punggung kaki kanan seorang bapak berumur 50 tahun. Sebuah luka koreng yang disebabkan oleh ulahnya sendiri. Tiga bulan yang lalu, lelaki setengah baya itu menyeterika kakinya sendiri dengan sengaja dan kesadaran penuh. Apa gerangan yang membuatnya nekat berbuat begitu?

Esemka dan Mimpi Mobnas: Pelajaran...

Nah, bagaimana sebenarnya tentang mobil nasional ini? Mengapa kita selalu gagal hingga saat ini? Mengapa Esemka juga (bisa dipastikan) gagal sebagai mobnas? Bagaimana solusinya? Saya akan menjawabnya dengan benchmark perusahaan-perusahaan terbaru yang sukses muncul sebagai “mobnas”

Mengapa Harus Negara Serikat Republik...

NKRI sudah berkali-kali terancam disintegrasi. Lalu reformasi memberi jalan bagi desentralisasi dengan Kabupaten/kota sebagai daerah otonom. Skala Kota dan Kabupaten terlalu kecil resources-nya. Ini harus atau bisa dipandang sebagai proses menuju federalisasi.

Bonus atau Bom Demografi: Sebuah...

Oleh: Prof. Daniel Mohammad Rosyid, Guru Besar ITS Surabaya SERUJI.CO.ID - Tulisan Rektor IPB Prof. Arief Satrya baru-baru ini di KOMPAS, untuk merespon wacana Revolusi Industri 4.0...

Enam Pilar Kemerdekaan Ekonomi Bangsa

Walaupun telah merdeka secara politik sejak tahun 1945, akan tetapi RI masih terus tergantung produk perusahaan-perusahaan asing hingga saat ini. Mulai dari bangun pagi ke bangun pagi berikutnya kita menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk perusahaan asing. Mulai dari urusan remeh temeh seperti semir sepatu dan jarum jahit sampai urusan canggih-canggih seperti pesawat terbang dan gadged.

Nahrawi dan Moralitas Islam Nusantara

Ditetapkannya Menteri Pemuda dan Olahraga ini sebagai tersangka menjadikan semakin banyaknya tokoh-tokoh Islam Nusantara dicap sebagai koruptor. Sebelumnya kita melihat penangkapan dilakukan terhadap Romahurmuzy, dan Idrus Marham. Padahal mereka ini termasuk simbol sentral dalam isu Islam Nusantara tersebut.

Sepeda Magnet, Solusi Atasi Polusi

Sepeda magnet terdorong karena persamaan polarisasi magnet di belakang sepeda. Sedangkan di depan, polarisasi magnet dibuat berkebalikan sehingga terjadi tarik menarik. Namun, tidak menutup kemungkinan penemuan baru tentang perilaku magnet mengubah prinsip tersebut, misal dengan arah medannya.

Presiden Jokowi Harus Terbuka Pada...

Beredar surat Menteri Sekretaris Negara tertanggal 13 Agustus 2019 yang ditujukan kepada Seluruh Pimpinan Asosiasi, termasuk Asosiasi Pengusaha Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) dan Asosiasi Pengusaha Pertambangan Mineral. Surat ini patut dicurigai menjadi ruang bagi APBI yang berusaha memperpanjang izin usaha tanpa mengikuti UU Minerba yang berlaku.

Follow Kami

Dapatkan update artikel-artikel terbaru dari para penulis dan berbagai promosi dengan memfollow akun media sosial kami.

Ingin Jadi Penulis?

close