Kanal

Pro-Kontra

Populer

Kirim Tulisan

Terpopuler Minggu Ini

Selasa, 5 Juli 2022

Kembali ke Ruang Publik

Menggelorakan pembangunan fisik tanpa merawat tumbuhnya jiwa hanya akan melahirkan masyarakat ‘zombie’ yang tercerabut paksa dari asalnya.

Pendidikan dalam Keluarga: Agenda Hijrah...

SERUJI.CO.ID - Untuk memanen bonus demografi, kita perlu segera dengan sungguh-sungguh memeriksa kembali praktek pendidikan kita. Sistem Pendidikan Nasional kita telah dimonopoli secara radikal...

Zero Black Out, Mampukah PLN?

Black out tidak disebut secara eksplisit. Hanya menjadi bagian jabaran risiko produksi/operasi yaitu kerusakan peralatan. Inilah  masalah pokoknya. Sesuatu yang berakibat fatal tidak diidentifikasi secara cukup dalam dokumen rencana stratejik jangka panjang PLN.

Hai Papua, Saya yang Monyet

Seberapa jauh soal monyet ini memerangkap alam bawah sadar kita? Mudah-mudahan cuma segelintir orang atau aparatur saja. Jika meluas, perlu edukasi anti rasisme di sekolah-sekolah. Jika segelintir, harus dibawa ke aparatur hukum. Semoga orang-orang Papua memaafkan kami. Setidaknya memaafkan saya yang non Papua. Mungkin saya lah monyet itu.

Omong Kosong Fatar Yani Setelah...

Hal yang cukup disesalkan adalah adanya pernyataan Deputi Operasi SKKMigas saat itu, Fatar Yani, yang mengatakan bahwa berhentinya operasi Lapangan Kepodang adalah karena force majeur. Hal ini dinilai menyesatkan dan diduga keras keberadaan dia di SKKMigas untuk melindungi kepentingan Petronas.

Ekonomi Kerakyatan: Konsistensi Penegakan Aturan...

Keberadaan Toko Modren atau Pasar Swalayan adalah keniscayaan dalam perkembangan sebuah kota. Pasar Swalayan sudah menjadi kebutuhan dari masyarakat modern yang hidup di perkotaan....

Emak-emak dan Perubahan Sosial

Fenomena emak-emak menggerakkan perubahan sosial dalam beberapa tahun belakangan ini adalah fenomena super hebat. Dimana seandianya Kartini masih hidup, dia tidak perlu membanggakan gadis Belanda sebagai referensi. Cukuplah sosok emak-emak yang fenomena saat ini, sebagai contoh teladan.

Nadiem, Ojol, dan Perlindungan Sosial

Di mana moralitas pemilik Ojol? Kenapa Pemerintah tidak berdaya untuk “memaksa” agar perusahaan membayar iuran JKK dan JKm tersebut? Dan merasa cukup puas dengan membantu membuka akses untuk pembayaran ke BPJS Ketenagakerjaan, tapi dari kantong driver. Oh malangnya nasib driver Ojol.

Penggratisan Suramadu: Memperdalam Kekeliruan Kebijakan...

"Kebijakan ini dibangun di atas paradigma benua, bertentangan dengan paradigma kepulauan. Dalam paradigma benua, kapal bukan infrastruktur, tapi jalan dan jembatan. Kapal disamakan dengan truk dan bis," Prof Danie Rosyid.

Follow Kami

Dapatkan update artikel-artikel terbaru dari para penulis dan berbagai promosi dengan memfollow akun media sosial kami.

Ingin Jadi Penulis?