Kanal

Pro-Kontra

Populer

Kirim Tulisan

Terpopuler Minggu Ini

Sabtu, 16 Oktober 2021

Pembangkangan Sipil?

Hemat saya ide TEMPO ini menarik sekaligus berani. Namun segera harus dikatakan bahwa respons pemerintah atas pandemi Covid-19 dengan adopsi berbagai protokol kesehatan WHO sesungguhnya telah memberi alasan paling kuat untuk melakukan pembangkangan sipil.

Refleksi Hari Pendidikan Nasional 2018:...

Oleh: Prof. Daniel Mohammad Rosyid, Guru Besar ITS Surabaya SERUJI.CO.ID - Memperingati Hari Pendidikan Nasional di era disrupsi saat ini, kita perlu melakukan planned disruption atau creative...

Kenapa Rakyat Tidak Taat Pada...

Saya ajukan satu pertanyaan susulan. “Kenapa kalian percaya dengan pemerintah kalian?“ Secara spontan para mahasiswa Jepang tersebut menjawab, “Karena layak dipercaya.” Jawaban itu juga akhirnya membuat saya berkesimpulan, “Baik tidaknya suatu negeri tergantung kepada seberapa percaya penduduk di negeri itu kepada pemimpinnya".

Lorong Mati Bersisian

Daliji dan Gingsar menemui ajal secara tragis. Daliji dibunuh Gingsar hanya karena dianggap menghina, setelah melerai pertengkaran antara Gingsar dengan orang-orang pasar. Gingsar sendiri tewas terlindas kereta api ketika mencoba lari dari kejaran polisi.

Mengurai Sengkarut Pikir Negeri

SERUJI.CO.ID - Awalnya adalah reformasi yang dibayangi kekhawatiran 30 tahun kediktatoran Soeharto yang akan terulang, maka konstitusi diamandemen oleh mereka yang menyebut dirinya sebagai...

Bendera dan Krisis Kepemimpinan

Menurut vexillology, bendera bukan sekedar selembar kain biasa. Jika dia berkibar bebas di angkasa, bendera menginspirasikan semangat kepemimpinan tertentu yang sublim dan sulit dibayangkan oleh mereka yang jiwanya terjangkar oleh tanah di bumi.

Refleksi Sumpah Pemuda: Memanen Bonus...

Bangsa yang berketuhanan ini digempur instrumen nekolimik sekulerisasi melalui sistem persekolahan warisan kolonial dan sistem keuangan ribawi. Sekulerisasi mencabut semua pijakan transendental bagi pembangunan.

Tiga Langkah Efektif Pemimpin dalam...

Inilah yang sering dilakukan oleh pemimpin-pemimpin besar, bagaimana mereka berhasil mengelola organisasi bisnis yang besar untuk terus makin produktif.

Renungan di Hari Sumpah Pemuda:...

Memasuki Era Reformasi di tahun 1998, seluruh rakyat di negeri ini memendam optimis tinggi, hidup labih baik dari yang sudah-sudah. Kini, setelah 22 tahun reformasi bergulir, harapan itu bukan semakin dekat, tetapi semakin bertambah jauh. Riang gembira  menyambut reformasi dulu, berangsur pudar dan kini seakan berubah menjadi gundah dan cemas. “Ada apa dengan negeri ini? Apa yang salah di negeri?"

Follow Kami

Dapatkan update artikel-artikel terbaru dari para penulis dan berbagai promosi dengan memfollow akun media sosial kami.

Ingin Jadi Penulis?