Kanal

Pro-Kontra

Populer

Kirim Tulisan

Dak Keraton, Solusi Rumah Dua Lantai Praktis dan Ekonomis

Kebutuhan tempat tinggal telah menjadi masalah yang semakin lama menjadi problematika mendasar dikehidupan perkotaan. Harga tanah yang sangat mahal telah mengubah perluasan bangunan rumah ke arah vertikal. Hal ini tentunya memerlukan biaya renovasi yang sangat mahal.

Teknologi dak keraton merupakan sebuah terobosan baru untuk memberikan solusi akan mahalnya biaya renovasi rumah secara vertikal. Dengan bahan utama menggunakan material bata keraton dengan sistem fabrikasi khusus, dak keraton mampu menaikkan efektifitas pembuatan rumah secara vertikal sebanyak 20%-30%, baik secara biaya maupun waktu.

Beberapa Kelebihan Dak Keraton:

1. Waktu yang cepat

Perakitan dak keraton dilakukan bersamaan dengan pengerjaan bangunan sipil di lantai dasar. Tentunya hal ini tidak akan memberikan pengaruh terhadap pekerjaan sipil, dikarenakan dak keraton dirakit di luar area bangunan sipil.


2. Efektifitas biaya

Fabrikasi dan aplikasi dak keraton membutuhkan biaya yang sangat murah. Pemakaian tiang penyangga cor maupun papan cor sangat minim digunakan. Dalam 1 m2 luas coran, hanya dibutuhkan 20 buah bata keraton dan 18 m besi cor ukuran 10 mm. Pemakaian papan cor dan tiang penyangga cor merupakan komponen belanja material yang cukup besar dan biasanya tidak dapat digunakan kembali setelah pekerjaan pengecoran selesai.

3. Efektifitas tenaga

Untuk fabrikasi bata keraton menjadi dak keraton, cukup dibutuhkan 3-5 orang tenaga kerja. Untuk luas cor 100 m2 membutuhkan waktu fabrikasi selama 3-4 hari. Sedangkan untuk pemasangan di atas slope cor memakan waktu selama 2-3 hari. Untuk cor konvensional akan membutuhkan tenaga kerja jika dikerjakan manual dan akses jalan yang luas jika menggunakan mobil pengecoran.

4. Kedap suara

Konstruksi material bata keraton mampu menyerap suara dengan baik, sehingga kebisingan dalam satu lantai tidak akan mengganggu lantai di bawahnya atau di atasnya.

5. Tanpa plafon

Penerapan dak keraton dalam bangunan, akan memiliki visual yang menarik untuk tampak dari bawah. Kita akan disajikan kerapihan bata merah tersusun rapi di atap rumah ketika dilihat dari lantai bawah.

Kita dapat mempelajari lebih banyak beberapa kelebihan dan kelemahan dak dengan sistem bata keraton dengan melakukan browsing di beberapa mesin pencarian.

Dan hal ini tentunya dikembalikan kepada kebutuhan kita terhadap pengembangan atau renovasi tempat tinggal kita agar nyaman dan tenang.

Kelebihan dan kekurangan dak keraton ini didasarkan pada pelaksanaan fabrikasi dan perakitan dak keraton di lapangan langsung oleh penulis.

Tulisan ini sepenuhnya tanggung jawab penulisnya. Tak sependapat dengan tulisan ini? Silahkan tulis pendapat kamu di sini

Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya. Redaksi Katarsis.id tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan tersebut, namun setiap orang bisa membuat aduan ke redaksi@katarsis.id yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.

Ingin Jadi Penulis, silahkan bergabung di sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

close