Kanal

Pro-Kontra

Populer

Kirim Tulisan

Lomba Menulis Artikel “Pro-Kontra Kenaikan Iuran dan Sanksi BPJS Kesehatan”

Lomba menulis artikel Katarsis.id kali ini mengambil tema “Pro-Kontra Kenaikan Iuran dan Sanksi BPJS Kesehatan”. Tema ini kami pilih terkait rencana pemerintah yang ingin menaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang akan mulai diberlakukan pada 1 Januari 2020. Besarnya kenaikan iuran ini mencapai dua kali lipat dari iuran sebelumnya, walau pemerintah masih membuka kemungkinan tidak sampai dua kali lipat.

Selain iuran yang naik, pemerintah juga akan mulai menerapkan sanksi bagi peserta BPJS Kesehatan yang menunggak pembayaran iuran. Sanksi ini berupa penghentian atau pencabutan layanan publik bagi peserta yang menunggak iuran. Beberapa layanan publik yang akan dihentikan diantaranya; pengurusan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), pengurusan Paspor, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan pengurusan Sertifikat Tanah.

Yang jadi alasan pemerintan mengambil dua kebijakan ini adalah kondisi keuangan BPJS Kesehatan yang terus mengalami defisit, alias rugi. Diperkirakan hingga akhir tahun 2019 kerugian yang diderita BPJS Kesehatan mencapai Rp31 triliun. Penyebab kerugian ini, menurut BPJS Kesehatan, adalah karena rendahnya nilai iuran peserta dan banyaknya peserta yang telah memanfaatkan fasilitas BPJS Kesehatan tidak lagi membayar iuran setiap bulannya.

Kebijakan pemerintah ini mengundang pro-kontra di tengah masyarakat. Ada yang mendukung dengan alasan demi penyelamatan program BPJS Kesehatan yang telah banyak dirasakan manfaatnya, namun tak sedikit juga yang menolak karena menilai kenaikan tersebut terlalu besar dan membebani ekonomi masyarakat yang saat ini sedang tidak baik. Demikian juga dengan sanksi.


Karena hal di atas lah, kami dari Katarsis.id mengambil inisiatif mengadakan lomba menulis artikel ini, agar masyakarat dapat menuangkan berbagai pemikirannya, baik berupa gagasan, usulan, maupun kritik atas kebijakan pemerintan tersebut. Dengan cara ini, kami memandang, pemerintah bisa mendengar suara masyarakat dengan lebih jernih dan mendapatkan masukan-masukan yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

Tentu selain itu, lomba menulis artikel ini akan menjadi sarana untuk lebih meningkatkan literasi masyarakat, khususnya dalam hal kemampuan menuangkan pemikiran ke dalam bentuk tulisan yang bisa dipahami khalayak luas.

Syarat Ketentuan Lomba Menulis Artikel;

Pendaftaran:

  1. Peserta yang belum memiliki akun katarsis.id mendaftar terlebih dahulu dengan mengisi data lengkap yang valid di sini.
  2. Setelah akun aktif, lengkapi profil dan foto diri di sini. Profil yang tidak lengkap berakibat artikel tidak dapat tayang, sehingga tidak diikutkan dalam lomba.
  3. Pendaftaran tidak dipungut biaya alias GRATIS

Peserta:

  1. Terbuka untuk semua kalangan.
  2. Perorangan, bukan kelompok.
  3. Karyawan dan redaksi Katarsis.id tidak boleh mengikuti lomba ini.
  4. Peserta wajib memiliki minimal satu akun media sosial, apakah facebook, twtter, atau instagram, dan wajib dicantumkan di profil peserta.
  5. Peserta wajib memfollow akun media sosial katarsis.id di facebook (@Katarsis.idn) dan atau di twitter (@Katarsis_Idn)
  6. Peserta wajib membagikan artikel miliknya yang telah terbit di akun media sosial miliknya dengan mention ke akun Katarsis.id.

Artikel:

  1. Tema: “Pro-Kontra Kenaikan Iuran dan Sanksi BPJS Kesehatan”.
  2. Orisinilitas: Tulisan harus karya sendiri, bukan plagiat baik keseluruhan maupun sebagian, juga bukan hasil terjemaahan.
  3. Tulisan belum pernah diterbitkan di media manapun, baik di media sosial, blog, media cetak, media online, maupun media lainnya.
  4. Artikel dalam format penulisan populer, bukan berupa karya ilmiah, jurnal, ataupun dokumen laporan.
  5. Ditulis dalam bahasa Indonesia, baik baku maupun populer.
  6. Panjang artikel minimal 500 kata, dan maksimal 2.000 kata.
  7. Setiap artikel wajib disertai gambar atau foto yang merepresentasikan isi artikel, baik karya sendiri maupun milik pihak lain yang tidak melanggar ketentuan hak cipta.
  8. Kategori artikel yang dipilih haruslah “Lomba Menulis”, seperti yang telah disediakan di dashboard editor katarsis.id.
  9. Setiap peserta dapat mengirimkan lebih dari satu artikel, dan berpeluang memenangkan lebih dari satu hadiah yang disediakan.
  10. Artikel yang tidak memenuhi syarat ketentuan, tidak akan dinilai dan tidak diikutkan dalam perlombaan.
  11. Katarsis.id akan menurunkan artikel yang melanggar hak cipta, perundangan yang berlaku, dan ada keberatan dari pihak lain, sehingga tidak akan diikutkan dalam perlombaan.
  12. Katarsis.id berhak mempublikasikan seluruh artikel karya peserta lomba dalam bentuk apapun selain di web katarsis.id, tanpa mengurangi hak cipta penulisnya.
  13. Artikel yang dilombakan dikirim lewat dashboard editor yang telah disediakan di sini. Dashboard ini hanya bisa diakses jika telah terdaftar dan terverifikasi.
  14. Tips dan tata cara menulis artikel di Katarsis.id dapat dibaca di sini.
  15. Tata cara penggunaan gambar/foto dapat dibaca di sini.
  16. Informasi terkait aturan di Katarsis.id dapat dibaca di sini.

Penilaian:

  1. Katarsis.id melakukan penilaian dari setiap artikel yang telah terbit/tayang dan memenuhi syarat ketentuan dengan bobot penilaian; 50% (lima puluh persen) jumlah pembaca (viewer) artikel dan 50% (lima puluh persen) penilaian juri.
  2. Jumlah pembaca atau viewer berdasarkan yang tercatat di sistem dashboard katarsis.id hingga 31 Desember 2019, bukan berdasarkan jumlah view yang terlihat di artikel yang tayang.
  3. Juri adalah dari kalangan redaksi Katarsis.id yang segala penilaiannya adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  4. Yang dinilai juri adalah; a) Kesesuian dengan tema, b) Kualitas tulisan baik dari segi analisis, pesan yang ingin disampaikan, maupun dampak yang dapat ditimbulkan dari artikel pada publik dan atau pengambil kebijakan, c) Tata Bahasa dan tata tulis yang baik, rapi, dan mudah dipahami.

Waktu:

  1. Pendaftaran mulai dibuka Jumat, 11 Oktober 2019 dan ditutup 31 Oktober 2019.
  2. Jadwal unggah artikel ke web katarsis.id yang diikutikan lomba paling lambat 31 November 2019.
  3. Penilaian Juri akan mulai dilakukan dari 1 sampai 31 Desember 2019.
  4. Total jumlah pembaca artikel (view) sesuai yang tercatat di dashboard Katarsis.id pada tanggal 31 Desember 2019, pukul 24.00 WIB.
  5. Pengumuman akan dilakukan pada tanggal 1 Januari 2020, pukul 17.00 WIB.
  6. Pemenang akan diumumkan di web katarsis.id dan juga disampaikan melalui email pemenang.
  7. Hadiah akan ditransfer ke rekening pemenang, mulai tanggal 5 Januari 2020. Dan hadiah tidak dapat diminta tunai serta rekening harus sesuai dengan nama pemenang atau orang tuanya bagi pelajar yang belum memiliki KTP (disertai bukti kartu keluarga).

Hadiah:

  • Pemenang pertama akan mendapatkan Rp1.000.000,- (satu juta rupiah) dan sertifikat dari Katarsis.id.
  • Pemenang kedua akan mendapatkan Rp750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) dan sertifikat dari Katarsis.id.
  • Pemenang ketiga akan mendapatkan Rp500.000,- (lima ratus ribu rupiah) dan sertifikat dari Katarsis.id.
  • Dua pemenang harapan akan mendapatkan sertifikat dari kataris.id

Catatan:

  1. Tidak dilakukan surat menyurat terkait penilaian lomba.
  2. Untuk informasi dan pertanyaan dapat menghubungi;
    email: redaksi@katarsis.id dengan subjek “Lomba Menulis Artikel”
    Whatsapp: 081217369394
  3. Dengan mengikuti lomba, maka peserta menerima dan tunduk pada syarat dan ketentuan lomba serta aturan yang ada di katarsis.id.
  4. Peserta yang telah terdaftar, dapat terus menggunakan akunnya untuk menulis di katarsis.id, dan dapat juga digunakan untuk lomba lain yang nantinya akan diadakan katarsis.id.

Tulisan ini sepenuhnya tanggung jawab penulisnya. Tak sependapat dengan tulisan ini? Silahkan tulis pendapat kamu di sini

Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya. Redaksi Katarsis.id tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan tersebut, namun setiap orang bisa membuat aduan ke redaksi@katarsis.id yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.

Ingin Jadi Penulis, silahkan bergabung di sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Admin Warga
Admin
Redaksi Katarsis.id

Artikel Terkait

close