Kanal

Pro-Kontra

Populer

Kirim Tulisan

Tiga Langkah Efektif Pemimpin dalam Mengelola Tim Yang Sukses

Tahukah Anda, bagaimana pemimpin-pemimpin perusahaan besar dunia mengelola tim, bahkan bawahannya tidak hanya berisi ratusan? Tapi jutaan bawahan tim bisnis?

Menurut beberapa kajian bisnis, kuncinya pada bagaimana para leader yang menginspirasi bawahannya. Lalu bagaimana para leader perusahaan Anda bisa menginspirasi mereka?

Tiga Langkah Para Leader dalam Menginspirasi Tim

Pertama, Leader harus hadir membantu mereka dalam memberikan Solusi, bukan sekedar menuntut produktivitas mereka. Ajak mereka dengan diskusi, untuk menemukan solusi. Tidak sekedar menuntut mereka untuk memiliki performa yang terbaik.

Jelaskan mengapa kontribusi mereka membantu memecahkan masalah dan berkontribusi pada kemajuan perusahaan. Karyawan lebih cenderung untuk meningkatkan produktivitas mereka saat mereka tahu pekerjaan mereka dapat memberi nilai tambah bagi keseluruhan tim yang makin sejahtera.


Kedua, leader harus terus menerus mengingatkan kembali timnya, akan tujuan/visi mulia dari aktivitas pekerjaannya. Bukan sekedar untuk mendapatkan keuntungan semata. Dengan mengajak mereka untuk melihat makna dan tujuan tim, mereka akan merasakan dan mengerti bahwa aktifitasnya memiliki nilai manfaat mulia bagi orang-orang disekitarnya.

Ketiga, jadilah pemimpin yang peduli. Salah satu caranya adalah mengetahui latar belakang dan keinginan anggota tim. Dan bukan sekedar terampil bagaimana menginspirasi tim.

Resep rahasia untuk memberi inspirasi kepada karyawan adalah mengenal kondisi dan mengerti dari orang-orang yang Anda inspirasi. Mereka sebenarnya ingin tahu bahwa pemimpin mereka memahami kecenderungan, kemampuan, dan perilaku mereka dengan cukup baik untuk bekerja sebaik mungkin dan memotivasi mereka. Pemimpin dan pelatih terbaik selalu melakukannya.

Bila Anda menghabiskan waktu dengan karyawan, buatlah ini benar-benar penting. Jangan hanya mengandalkan pengalaman dan gelar jabatan kita untuk supaya mereka terinspirasi. Karyawan menginginkan pemimpin yang memperhatikan dan benar-benar peduli terhadap mereka.

Pemimpin besar meluangkan waktu untuk mengenal lebih dalam anggota timnya sebelum bisa menciptakan sistem manajemen organisasi perusahaan. Karyawan paling terinspirasi saat seorang pemimpin meluangkan waktu untuk mengenal mereka dan menunjukkan bahwa mereka memiliki kepentingan terbaik di hati.

Inilah yang sering dilakukan oleh pemimpin-pemimpin besar, bagaimana mereka berhasil mengelola organisasi bisnis yang besar untuk terus makin produktif.

Dan yang terakhir, bagaimana para leader perusahaan Anda bisa mengendalikan tim dengan menginspirasi mereka yaitu dengan Skill bicara yang menjadi kunci penting. Bicara yang tak hanya mampu memengaruhi, yang hanya cukup didengar saja, kemudian lewat begitu saja tanpa membekas dalam hati karyawan.

Sumber: Akademi Trainer, Jl. H. Djayadi No.46 Jagakarsa, 12530, Jakarta Selatan

Tulisan ini sepenuhnya tanggung jawab penulisnya. Tak sependapat dengan tulisan ini? Silahkan tulis pendapat kamu di sini

Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya. Redaksi Katarsis.id tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan tersebut, namun setiap orang bisa membuat aduan ke redaksi@katarsis.id yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.

Ingin Jadi Penulis, silahkan bergabung di sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

close