Kanal

Pro-Kontra

Populer

Kirim Tulisan

Beranda Topik Pilpres 2019
Topik:

Pilpres 2019

Ibu Kota NKRI atau Ibu Kota Persemakmuran?

Logika memindahkan ibu kota ke luar Jawa dalam situasi pembangunan yang timpang (sekitar 60% investasi tetap di Pulau Jawa sampai saat ini), adalah lebih kepada 'lips service' alias propaganda politik saja.

Seeing is Believing, Post Truth dan Every...

'Predicting the present' adalah pendekatan baru, via Big Data. Pendekatan lama adalah 'predicting the future', via survei dan quick count. Biarkanlah Denny JA menulis masih mengutip Karl Popper tentang Angsa Hitam, tentang falsifikasi. Ilmu verifikasi dan falsifikasi adalah kebanggaan orang-orang sains. Tapi itu dulu. Sekarang era Big Data, ilmu kebanggaan semua.

Ekonomi Lesu dan Daya Beli Anjlok Itu...

Ekonomi lesu dan daya belu turun, itu adalah realitas, tak perlu diperdebatkan.

Sport, Politik dan 2019: Anies vs. Jokowi...

Urusan sport dan politik bukanlah urusan baru. Wikipedia membahas "Sport and Politics" dengan 87 referensi. Sport bagi para politisi selalu dijadikan ajang diplomasi. Sejarah pesta olahraga olimpiade selalu diwarnai diplomasi dan ketegangan, baik antar negara maupun terkait isu ras, gender dan keadilan sosial.

Anies, Jokowi dan Diskursus Politik Jelang 2019

Jokowi dan Anies Baswedan, sebagaimana dimaksud Michel Foucault, sosiolog ternama Prancis, sedang menciptakan sistem berpikir dan ilmu pengetahuan serta wacana pada kita melalui kekuasan (power) mereka dengan statemen atau bahasa tindakan yang mereka lakukan.

Follow Kami

Dapatkan update artikel-artikel terbaru dari para penulis dan berbagai promosi dari kami dengan memfollow akun media sosial kami.

Ingin Jadi Penulis?