Kanal

Pro-Kontra

Populer

Kirim Tulisan

Tingkatkan Perlindungan Privasi, WhatsApp Kembangkan Fitur Baru Untuk Group

WARGASERUJI – WhatsApp memperkenalkan rencana fitur baru sehingga pengguna punya kendali lebih besar terkait dengan keanggotaan dalam grup. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa tolak masuk grup WhatsApp. Namun, hingga hari ini setelah aplikasi di-update, fitur tersebut belum muncul.

Cara mengaktifkannya, seperti yang dijelaskan dalam situs blog.whatsapp.com yang diakses pada Sabtu (13/7), adalah dengan memilih Setelan > Akun > Privasi > Grup, kemudian memilih tiga opsi:

  • “Tidak Ada”
  • “Kontak Saya”
  • “Semua Orang”

Jika memilih opsi “Tidak ada”, berarti tidak ada yang bisa memasukkan ke dalam grup sembarangan dan harus disetujui pengguna.

Kalau memilih opsi “Kontak Saya”, berarti hanya orang yang ada di daftar kontak yang bisa memasukkan ke dalam suatu grup. Namun, tidak langsung bisa masuk grup karena yang memasukkan akan diminta mengirim undangan sehingga pengguna bisa mengevaluasinya dan memutuskan akan masuk grup atau tidak. Undangan yang dimaksud memiliki jangka waktu sehingga akan kedaluwarsa setelah tiga hari.


Sedangkan opsi terakhir, pengguna membolehkan siapapun untuk memasukkan ke dalam grup apapun. Sama seperti versi yang sekarang ini.

Masih menurut berita dari blog tersebut, fitur-fitur ini mulai diperkenalkan dan akan tersedia bagi semua pengguna dalam beberapa minggu mendatang. Tentu, setelah melakukan update aplikasinya.

Bagi orang yang menjaga privasi, fitur ini cukup membantu agar tidak sembarang orang memasukkan dirinya dalam grup-grup Whatsapp. Mereka bisa tolak masuk grup WhatsApp cukup dengan set privasi seperti di atas, tanpa repot komplain ke orang yang mengundang.

Fitur ini juga bermanfaat untuk menjaga performa ponsel pintarnya, juga yang ingin fokus berkomunikasi agar tidak terganggu grup-grup yang tidak jelas tujuannya. Daripada repot-repot keluar grup, lebih baik dari awal pilih-pilih dulu.

Namun, apakah fitur ini cukup dinanti? Silakan komentari.

Tulisan ini sepenuhnya tanggung jawab penulisnya. Tak sependapat dengan tulisan ini? Silahkan tulis pendapat kamu di sini

Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya. Redaksi Katarsis.id tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan tersebut, namun setiap orang bisa membuat aduan ke redaksi@katarsis.id yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.

Ingin Jadi Penulis, silahkan bergabung di sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Admin Warga
Admin
Redaksi Katarsis.id

Artikel Terkait

close